.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }
Showing posts with label nyinyir.. Show all posts
Showing posts with label nyinyir.. Show all posts

Monday, 24 October 2016

Nyinyir : Hari gini masih jaman ngutang?

Janji itu hutang - hutang itu janji.
Hutang/Janji dibawa mati
*Jadi sebelum mati, lunasi dulu tuh janji-janji.

Bicara soal utang. Hari gini siapa yang nggak butuh utang/ngutang/minjem duit? Hari gini siapa yang nggak butuh pertolongan? Oke. Untuk kalimat ini kita bisa menyamakan persepsi dengan bilang bahwa, tidak semua hutang atau janji selalu berkaitan dan identik dengan uang. Tidak semua hutang atau janji mengarah ke duit. Jadi, bisa kita perluas arti kata hutang atau janji jadi semua yang pernah kita ucapkan, atau semua yang pernah orang lain lakuin kita dengan tulus ikhlas yang bikin kita tertooolooooong banget.

Mau contoh?

Dalam keadaan sakit keras, atau limbung karena demam, saking nggak kuatnya kita ngangkat badan – kita jadi ngrepotin orang lain dengan harus nyita waktu mereka buat nemenin, nganterin, bahkan ngerawat kita pas sakit. Dan ini bisa dihitung jadi semacam utang, utang kebaikan. Contoh lain? Waktu kitaaaa butuuuuh banget subsidi dana karena duit lagi pas-pasan tanggal tua, ada kebutuhan mendadak dan itu urgeent banget, adaaa aja orang yang selalu bisa kita mintain tolong buat nalangin dulu kebutuhan kita, dan ini bisa diklasifikasi jadi dua macem utang, utang duit dan utang budi. *uuuuh saya sih bersyukur banget punya temen macem ini, apalagi dia yang nggak suka nagih* wkwk

Back to theme. Utang di jaman sekarang udah jadi hal yang biasa banget mengingat semua perbankan atau fasilitas pembiayaan di negara manapun memang mengenal istilah utang piutang/pinjam meminjam. Di indonesia? Halah, apalagi disini. Legal. Syah/ halal. Asal kalian disetujuin sama perbankan, punya jaminan, semua pasti gampang.