.do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none; }

Thursday, 17 September 2015

9 Alasan Kenapa Anak Hukum itu "Mantuable" banget

1.  SALAH SATU JURUSAN TERTUA DI INDONESIA


Siapa sih yang nggak tau anak hukum? Jurusan hukum? Fakultas hukum? Fakultas yang dari jaman paman saya muda, mbah saya ada, bahkan sejak jaman kemerdekaan dulu udah ada. jurusan sesepuh pini sepuh.

Bahkan jadi lulusan hukum itu sudah jadi cita-cita wajib nan kece yang ada dari jaman nenek moyang. Nah, bagusnya lagi Indonesia adalah negara yang berdasar hukum jadi semua-muanya harus pake dasar hukum. Dengan predikatnya sebagai salah satu jurusan tertua, dan matang itu – siapa sih yang nggak ngimpiin punya mantu anak hukum?




2.    MAHASISWANYA KECE-KECE

“Eh, dia  cantik ya, modis, ngerti hukum, berhijab pula? Adem banget ya liatnya. Berasa lagi jalan-jalan di surga. Mantuable banget deh” wkwk.

Anak hukum identik dengan mahasiswa yang wawasannya luas, relasi bagus, pinter ngomong, jago nego, rapi necis modis, dan satu lagi – kece nya nggak bakal bisa ditolak. Mau tau alesannya kenapa? Karena anak hukum diajarin berpikir integral. Sistemik. Dan futuristik. Kalo nggak percaya, dateng aja ke fakultas hukum dimana aja, nah kalo di jogja datengin aja anak hukum UII, UIN Sunan Kalijaga, UGM, atau Atmajaya deh - dijamin kalian pasti bakal betah ngliatin mahasiswa dan mahasiswi yang kecenya diakuin sejagat raya. 

hari gini, Siapa sih yang bisa nolak kenikmatan dunia?

Monday, 14 September 2015

Kata Letto, jangan suka memiliki biar nggak kehilangan.

Ya ampun dompet lo abis ilang? Kok bisa sih?
Kaca Mobil lo abis dipecah maling? Kapan? Apa aja yang ilang?
Dan akhirnya kalimat sakti itu keluar, “Yang sabar ya lo”
*jambak gue aja, jambaaak.

Satu ekspresi yang pengen banget saya kasih ke orang itu, biji mata mencelot. (Sumpeh loh bilang gitu? ) Haha ya mau gimana lagi, nggak ada ekspresi lain yang pas dan enak selain itu mata yang keluar sekaligus memberikan penegasan bahwa, nggak salah lo bilang begitu ke gue? Duh, kenapa bisa? Duh kok tledor banget? Yaudah kali bukan rejeki lo, yang sabar ya. Itu kalimat tadi nggak bikin lapang malah tambah bikin gedek. Ya bayangin aja deh, siapa yang nyangka bakal ada satu moment kalian lupa dan fatal banget – dan konsekwensi logisnya adalah, urusan jadi panjang dan ribet.

Semua orang di dunia ini wajar kalau menginginkan semua hal berjalan menyenangkan dan sesuai harapan. Tapi itu ekspektasi kita. Tapi itu harepan kita. Tapi kalau semua menyenangkan, kita nggak pernah dan nggak akan pernah bisa belajar.

Friday, 11 September 2015

Dont Judge The Book By The Cover


Gila, dia kalem banget ya? Pasti alim dan cool yaaa.
Kata siapa? Dia tukang mabuk kali.
Jangan percaya sama tampang.

Lain waktu, saya pernah ketipu sama yang namanya dugaan – mukanya udah meyakinkan, omongannya belibet dan intelek, kuliahnya s2, keluarga terpandang juga, tapi? Uh, jangan bandingin sama ekspektasi kepala kalian sama yang di kenyataan. Gilak, mulutnya loh sodara-sodara, ternyata nyablak juga, gapake tedeng aling-aling, semua diomongin, bahkan ada juga yang teorinya meletup-letup eh ditelen juga air liurnya.

 Teorinya kan gini ya, kalo semakin tinggi pendidikan seseorang – semakin bagus ilmu agamanya - berarti sikap dan tata bahasanya semakin menyejukkan, nah itu teorinya, kalo di praktek mah? Belum tentu. Teori sama praktek mah beda. Banyak kok yang ngakunya guru, eh kalo di rumah ngomong sama anaknya marah pake ngebentak kasar pula. Ada yang ngakunya haji, eh ternyata nyabulin santrinya. *abaikan contohnya jika ini jelek.

Friday, 4 September 2015

Sakit hati itu? BIASA

                                                  Kenapa Tuhan musti mbikin hati kalo cuman buat disakiti?
Dan saya cuman bisa nutup kuping sambil mbatin,
kenapa ya?****

Itu salah satu kalimat di film terbaru yang sering ditampilin di channel nomer satu di televisi saya, sctv. Kalau nggak salah judulnya magic hour. Kalau nggak salah lagi pemainnya rizky nazar, dimas anggara, dan michelle zudith. Hebat ya saya, kadang-kadang emang benci sama suka tipis bedanya, sama-sama merhatiin tingkah polah mereka.

Oke back to theme.

Kenapa Tuhan mesti nyiptain hati ya?

Alasan pertama adalah, karena hati itu aneh. perasaan itu mahal. Nggak ternilai. Dan nggak ada masa kadaluarsanya. Sehabis-habisnya kita bilang bahwa udah abis sabar, kita masih punya iba, masih punya kasihan, kadang juga kita sebenci apapun tetep mikir perasaan orang daripada perasaan sendiri.  Sekere-kerenya kita, kalo liat pengemis lewat dan lebih butuh kita kasih juga. Dan itu yang bikin bedain kita sama makhluk Tuhan yang lain. Kalau kata Ahmad Dhani, itulah yang bikin kita jadi makhluk Tuhan yang paling sexi, ya karna punya hati. Kok bisa?

Kenapa sih kalian lebih suka mempertanyakan hidup daripada menikmati hidup? Haha.

Hati itu pemberi arah. Sebagaimana akal yang kita punya, dia nuntun kita buat harus gimana dan harus kemana. Kadang-kadang feel kita lebih tajem daripada rasio cuman karena lebih mengenal. nggak perlu bukti, karena ibu punya sedikit dari feeling itu. Feeling yang tajemnya ngalahin silet. akal dan hati itu, sepasang yang saling kerja sama. Maka dari itu, kalian yang ngaku manusia tapi nggak pernah make perasaan atau hatinya, jangan pernah memproklamirkan diri jadi manusia. Kalian yang suka nyakitin dengan sengaja, yang suka curang dengan sadar, dan yang suka mainin hati orang tanpa mikir akibatnya – nggak usah ngaku jadi manusia. Jadi hewan aja. Cabut aja tuh hatinya.

Kita adalah sekumpulan kasih sayang Tuhan yang berwujud tubuh kita itu sendiri. Salah satunya hati. Tuhan melebihkan kita organ yang nggak berbatas, abstrak, dan jangkauannya bisa luas – bisa sempit. Bergantung daripada pengalaman kita sendiri. Lalu, mengapa harus punya hati?

Sejujurnya jawaban itu ada pada kalian sendiri. Mau dipake apa enggak itu hati. Mau dibiasain lapang atau sempit tu hati. Atau sesepele mau dilatih nggak itu hati. Hati dan akal sama halnya dengan manusia yang penuh dengan sekumpulan kebiasaan. Kalau nggak dilatih terus belajar, bakalan bumpet, gelap, nggak keasah. Nggak bisa diajak mikir. Begitupun dengan hati. Dia butuh dilatih bertahun-tahun buat bikin kita lapang, ikhlas, dan itulah salah satu tujuan memberi kita hati.

Siapa bilang idup bakal lebih nyenengin kalau isinya hal-hal yang bisa kita duga saja?

Siapa bilang idup bakal terkenang kalau hanya berisi bahagia saja?

Impossible. Jangan percaya. itu nggak realistis. 

Hati itu paketan. Paket ekstra lengkap. Yang bisa ngrasain apa aja tergantung bagaimana kehendak dan di luar kesadaran kita. Buktinya - mau bilang abis sakit hati, ketemu yang beningan dikit juga langsung jatuh cinta lagi. Buktinya, lagi nangis sesunggukan gara-gara duit ilang, diredain pake ilmu ikhlas dan baca ayat kursi hati udah tenang sendiri. Masih kurang?

Percaya nggak percaya, seharusnya kita lebih percaya bahwa bahagia itu bakalan dateng kalo kita pernah ngrasain yang namanya nggak bahagia. Atau seneng itu bakalan dateng setelah kita pernah ngrasain yang namanya nggak seneng, nyebelin, ngecewain, atau ngeselin dan saudaranya itu. Idup ya emang begitu. Nano-nano. Biar kita nggak terus berdiri di satu hal itu. Biar kita terus bergerak. Kalo kata pak Mario, udah tau sakit hati, masih juga sama yang itu – helloooooooo.

Alasannya lainnya?

Pertama. Karna idup itu nggak gampang. Bayangin segitu banyaknya kepala orang, bayangin segitu banyaknya prinsip orang dan kalo diseragamin, apa iya kita bakal ngliat semua hasil karya seni manusia kayak jaman sekarang? Itu hasil dari idup yang gak gampang. Kita dituntut buat survive. Biar kepala kita tuh, juga hati kita, atau badan kita – tahan banting. Sebanting-bantingnya. Sesakit-sakitnya, biar besok bisa lebih menghargai apapun yang kita punya.

Yang kedua. Karna idup memang isinya saingan doang. Dari kata awalan yaitu persaingan/perselisihan aja udah tau kita arti hidup memang buat nggak enaknya, buat selalu apdet hal yang gak kita bisa sampe kita bisa, buat selalu menjadi hal yang baru bagi orang lain – karna yang lama pasti ditinggalin.

Yang ketiga, dan poin paling penting adalah - Karena setelah kita tahu nggak enak, kita jadi bisa mbandingin keadaan yang lalu dengan setelahnya dan bisa bilang “duh enak banget ya”, dan bisa bersyukur sama keadaan yang sekarang. Contoh gampangnya ya sesepele liat pelangi abis ujan. Walaupun pada kenyataannya, hujan juga bukan musibah-musibah banget sih. Saya suka hujan. Dan urusan suka nggak suka manusia itu nggak universal. Itulah yang akhirnya menghasilkan peribahasa bersakit-sakit dahulu bersakit-sakit kemudian.

Kalau kita selalu mencari pikiran yang positif di balik terjadinya suatu kejadian, udah pasti kepala kita jadi enteng, idup jadi lebih bergairah – dan pastinya selalu berprasangka baik sama Tuhan. Lah terus, hubungannya sama hati apa dong? Hati itu pake prasangka. Dan akal pake sesuatu yang bisa kita terka. Point kerja akal itu menjelaskan. dan Hati, memahami / menerima. imbang kan? cucok banget kan combine nya mereka? 

Biar kita belajar. Kalo yang namanya sakit hati itu nggak enak, nyebelin, dan butuh waktu lama buat nyembuhin – maka itu jangan pernah nyakitin hati orang. Karna kita tahu semua orang punya hati, nggak pernah enak yang namanya dikecewain. Barangkali cuman itu pointnya. Biar kita belajar ngehargain orang. Dan karna hati itu bisa dilatih, kita dikasih hati biar bisa latihan ngredam emosi, jangan gampang kepancing orang, jangan gampang hebohan, karna yang dateng di dunia ini bisa jadi rezeki bisa jadi musibah. Pake hati dengan sekedarnya, jangan berlebihan dan jangan dikurang-kurangi, biar nggak gampang kagetan.